Jumat, 22 Oktober 2010

Kepiting.....,pura-pura....

Namaku 'Jo....Joujou..susah yaaa...sudah..Jo.saja...!siang ini sudah kurencanakan akan kerumah mantan ibu kostku...dekat gejayan,duuuluuu..aku kost lama disitu,paling lama...,sekarang aku sudah jadi dosen boga di salah satu akademi di Jogja.
Lewat pintu samping langsung ke dapur...ada seorang gadis,keponakan ibu kostku...sedang berkutat dengan aneka belanjaan diatas meja dapur,katanya ia akan masak kepiting,sudah dekat waktu makan siang.

Kamu bisa masak yaa...?kutegur gadis itu....matanya memandang lucu,ia sedang liburan di Jogja,kutawarkan membantunya memasak,memasak kepiting spesial katanya,ada empat ekor kepiting besar...uuhhff,dia kibaskan tanganku...dengan sigap dicuci kepiting dibawah kran,lalu dipotong dua,dibersihkan kotorannya,capitnya dipukul agak memar direbus seekor dulu.Bumbu disiapkan bawang bombay,tomat ceri..ia minta tolong padaku ambilkan merica hitam...bumbu ditumis dengan mentega dengan cepat kepiting dimasukkan diberinya kecap manis,saus tiram...sedikit minyak ikan,air lalu tutup...hmm,baunya menyeruak keruangan.

Karena aku lapar dan hapal tempat piring,kubantu gadis itu..sudah geer saja ditawari makan siang,kuambil dua piring,gelas...'wijikan,kulihat nasi sudah ada di magic jar...gadis ini sungguh menggodaku,wajahnya manis,mungil..matanya indah,memakai celana pendek,tertutup celemek masaknya,umurnya baru 20thn...aku sudah 38thn....,namanya Mita.

Mita menantang masak kepiting..hah,dikiranya aku nga bisa apa-apa...?kuambil kepiting lalu rebus,bumbu saus kusiapkan..daun bawang,air jeruk nipis cabe merah besar kupotong besar....,kutumis bawang putih dengan minyak dan mentega agak banyak,masukkan bumbu lain,saos tomat,gula garam.air jeruk,sedikit air...ungkep sebentar..treeng..treeng...kepitingku siap!

Kami diskusi soal kepiting,udang,cumi...kalau ikan aku 'nga suka..amisnya 'nga tahan...,tapi bawal bakar ...omg,suka lah...kata Mita ,masih ada dua ekor kepiting...aha,ada santan instan....kami berbagi resep,memadukannya....bawang merah,bawang putih rajang kasar...jahe,serai keprek saja....sedikit bumbu kari,cabe bubuk,garam...kebetulan ada nanas kupas di kulkas.potong-potong lalu masak semua sampai mendidih...

Yaa..ampun kami makan seperti tak tau diri....wah,pedes,asem...pedes merica...,habis makan ibu kostku belum pulang juga,mataku sangat berat,aku minta ijin Mita untuk tiduran disofa.

Aku mimpi..mimpi..seekor kepiting besar..merah berasap,mencengkeram bahuku...capitnya yang besar mencapit pinggangku,menggelitik telingaku...pahaku,aku risi...mata kepiting itu melotot hitam berputar-putar tajam menatapku...aku merasa berdosa.Jauh-jauh kepiting itu berenang dari lautan luas,hanya berakhir diwajan dengan bumbu pekat di meja makan.
Tergagap-gagap aku bangun....hai,sepasang mata indah menatapku.....Mas,mimpi yaa...kata Mita,tanganmu bergerak kesana kemari...Mita tertawa-tawa...mas luuucuu..menyebutkan nama-nama bumbu,rupanya ada resep rahasia untuk kepiting...Siippp.aku jadi punya bumbu istimewa untuk ujiannku besok!sahut Mita......

Ya ampun...itu resep rahasiaku...aduuuh,tak pernah ada yang tau resep itu,keceplosan...mimpi sialan...tapiiii,pipiku....hangat oleh kecupan Mita yang tertawa-tawa.

Esok hari dikampus....dikelas boga....Mita..??!!....gadis itu tersenyum sambil melambaikan kertas resepku!!
Haahhh...kecupannya kemarin....,harus kuberi 'nilai berapa gadis itu ??

Tidak ada komentar: