Jumat, 21 Mei 2010

Berlibur..

Kupandangi bulir padi...padi-padiku sudah menguning...duduk didepan dangauku,ditengah sawah yang hampir panen.
Tak lama,datang serombongan anak didepan dangau,mereka minta ijin akan berpiknik dibawah pohon tak jauh dari sawahku...kuijinkan,tak lama berselang...datang seorang ibu muda,memakai blus kembang,rok lebar,bertopi pandan datang meminta ijin lagi,tadi anak dan kawan-kawannya.

Kulihat dari jendela,mereka membentangkan tikar mendong lebar ...mengeluarkan bekal makanan,piring,gelas...kaleng kue,krupuk dan panggangan ikan.

Anak-anak bergembira,tiga anak perempuan,empat anak laki-laki,,mereka mulai memakai pelampung,agak landai sungai disitu...tak berbahaya,airnya jernih,beriak tanda tak dalam.Mereka teriak-teriak,bermain air,saling siram....meloncat dari batang pohon yang roboh.Sesekali terdengar suara monyet hutan,siamang...burung rangkong, tonggeret hutan dari hutan seberang sungai,hutan hujan..hawanya dingin sejuk..suasana yang indah.

Terdengar si ibu memanggil anak-anak untuk makan...mereka tertawa terkekeh-kekeh,basah kuyup...sambil mengeringkan badan...mulai berebut makan,saling ejek..saling dorong,membuatku iri...
ada yang berbaring,berjemur dengan matahari yang agak pelit sinarnya,si ibu dengan sabar.sesekali tertawa menyuruh anak-anak makan dengan tertib.

Ada anak lelaki yang agak hitam kulitnya,berlari kearah sungai sambil merentangkan tangannya menceburkan diri ke sungai yang lain menyusul,dua gadis kecil masih makan roti,anak lelaki yang agak besar sedang memasang umpan dikailnya akan memancing,ia duduk di batu besar.

Si ibu asyik menulis dibukunya,tertawa senang melihat anak -anak main...sesekali berteriak mengingatkan agar hati-hati.
Aku menghampiri ibu itu,kusapa perlahan.....kutanyakan sedang menulis apa dia.Si ibu menoleh,tersenyum....oo,sedang kutuliskan tentang pemilik sawah dan dangau yang selalu mengijinkan mereka berlibur dan piknik dipinggir sawahnya,sungainya,hutannya....menuliskan,betapa anak-anak sangat senang bermain di sungai,gembira...sampai terbawa mimpi jika pulang kerumah.Memancing,menangkap belalang,,,mengejar ikan kecil dipinggir sungai..melihat burung-burung mencuri padi....sambil memandangku,ibu itu berkata..terakhir akan kutuliskan jika kami sedang berbincang dengan pemilik dangau itu.

Kami tersenyum,melihat anak-anak gembira....


(kenangan berlibur disungai..''lubuk larangan'',desa tarutung gunung raya-kerinci,bersama kelg...:drg.sembiring,dr.sebayang.dr.beren rukur sembiring,dr.sitepu.dr.sianturi,bang andre,dina ,arya....dr.novi,dr.soni...)

Tidak ada komentar: