Selasa, 03 Agustus 2010

SEBUAH CATATAN YANG TERTINGGAL......

Namanya..."Bunga,ia tinggal di 'wisma 'Monggo mas..no.19,umurnya baru 16tn(pengakuannya)..ia dibawa pamannya dari jawa untuk bekerja di 'Pucuk-Jambi.
Wajahnya muram saat,kami petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dan penyuluhan di lokalisasi tsb.

Agak malu,segan...malas-malasan menjawab.Tetapi setelah tau,aku berasal dari Jawa Barat juga,ia agak tersenyum,teryata mendengar nama kampung halamannya bisa menerbitkan secerah bahagia.Ia dari keluarga miskin,ayah ibunya menitipkannya pada pamannya...dan,pamannya men'jualnya ke Jambi.

Ia menerima saja nasibnya,karena tak mampu lari dari situ,aku tanyakan...'apa betul jika para 'psk dicekoki dengan narkoba dan hutang agar tak bisa lari??ia ,hanya tersenyum...iya,'dok..jawabnya lirih.
Ia pasrah,mau menabung tak bisa,makanan paling mewah yang ia makan sebungkus gado-gado dengan krupuk.Nasi Padang hanya bayangan,sesekali membeli,akan mahal jika setiap makan(disana,jika psk yang kurang tamunya,makannya hanya nasi kecap dan krupuk).

Waktu pemeriksaan,ada yang santai pakai daster...daster tiiipiiis,'hotpants,tank top..merokok,duduk dengan pose aduhai..hai..hai, tak menyimak isi materi,ada yang bengong,mengantuk,ngobrol tentang tip's semalam,tak menyadari betapa bahayanya jika mengeram virus siphilis...GO,hiv...aids ditubuhnya.Hidup mereka tinggal sebentar,sempatka mereka bertobat ??
staf puskesmas tanjung pinang...acara dg radio el john jambi
para petugas dan dokter,binmas...

Berbincang dengannya sangat menarik iseng-iseng aku tanyakan(iseng,semua yang ingin kutau...),ia cerita:jam kerja mereka habis magrib(habis,mmaagriib..????),bangun pagi mereka jam 11-12 siang,kadang jam 2 siang sudah trima 'tamu',tamu-tamunya...supir,tamu luar kota,guru..?PNS..??(ngaku guru sama pns...kaalii??),mahasiswa,pelajar SMA,preman,'residivis,hanya satu yang tak disebut tamu...pejabat...!hehehehe....
penyuluhan,sayang mereka tdk mau difoto..yg 'psknya))
diskusi sebelum pemeriksaan...alm.dr.deni (kacamata)w,alm.dr.syafei...
pasiennya malu...jadi nutupi wajahnya....cantik kok..

Setiap malam,ia melayani 3-5 tamu....tak semua menyukai pekerjaan ini,apa daya tak punya ketrampilan,putus sekolah...dijual,tak ada yang peduli.
Aku menyarankan,ia sering berobat ke praktekku saja jika sakit,sudah kuniatkan 'sedekah jika ia datang Tapi,ia lama tak datang...dan,tak pernah datang....

Suatu malam,datang pasien wanita dari lokalisasi 'Pucuk....berambut ikal kaku berbedak tebal,lipstik merah menyala,parfum menyengat...tak genit,,,jadi pemandangan aneh diruang tunggu terlihat takut pada 'germonya.Germonya,seorang lali-laki berjaket kulit hitam,rambut gondrong,wajahnya tak menyenangkan....ikut menemani kedalam ruang praktek,setelah anamnese basa-basi...kuperiksa..bla...bla,yaaahh,apalagi jika bukan sakitnya..?.

Kutanyakan di wisma apa ia tinggal,jawab germonya....'wisma 'Monggo mas II,ingin kutanyakan tentang 'Bunga,tak keluar dari mulutku.
Setelah kuberi resep ,sedikit nasehat...sang germo membayarku,kuminta 30ribu...ya ALLAH,si germo, membayarku dengan uang seribuan...30 lembar!!,uang yang lusuh.Kubayangkan,seseorang tega memeras tubuh gadis kecil dengan sebuah kenikmatan dengan lembar seribuan..20 lembar,30 lembar...50 lembar...???berapa lama mereka bisa menabung 1jt,...5jt,10jt...1 milyar,tak seperti pelaku korupsi hanya dengan hitungan menit...ratusan juta,milyaran masuk ke rekening mereka!!

Sepulang dari praktek,aku makan malam dengan istriku dan Sri,asistenku..aku ceritakan tentang 'Bunga dan pasien tadi.Pada istriku dan Sri..kubilang,kalian harus peduli kepada wanita-wanita itu,melakukan pekerjaan hina karena tak berdaya..karena mereka adalah ''kaum-mu'...''kaum-mu...sesama wanita,istriku dan Sri menangis,makan malam kami penuh tangisan.

Aku hanya bisa menolong...mungkin jika mereka berobat,aku gratiskan saja!!Tak pernah ia datang.....,aku tak ada tugas penyuluhan dan pengobatan disitu lagi...mungkin ia,sudah terinfeksi...HIV-AIDS...betapa malang nasibnya.

Apakah hina pekerjaan mereka ???dapatkah kita menolong mereka ???


(TEMAN-TEMAN,INI ADALAH TULISAN ALM.SUAMIKU(dr.DENI WIDARMA)SEWAKTU TUGAS PENYULUHAN DAN PENGOBATAN DI LOKALISASI PUCUK JAMBI,SAYANG TAK SEMPAT DIBUKUKAN SEPERTI YANG ALM.INGINKAN,IA SELALU MENULISKAN CERITA MENARIK DARI TUGASNYA SEBAGAI DOKTER.)KEBETULAN SEWAKTU TUGAS TSB,ALM.BERSAMA dr.SYAFEI....YANG JUGA BARU 40HARI YL MENINGGAL KARENA KECELAKAAN

Tidak ada komentar: