Sabtu, 20 Maret 2010

udang galah vs bebek....(cerpen)

Reuni kali ini,berganti tema....kawan lamaku meminta disain mirip dapur,ia akan memasakkan kami semua yang hadir pada reuni tahun ini,karena ia seorang...chef !!

Ia,minta meja lebar,kompor gas dua tungku,serbet bersih lebar.air bersih...beberapa bahan makanan kami siapkan:beberapa macam sayuran,daging sapi muda,3kg ayam potong,bumbu-bumbu ia bawa sendiri dan ia berjanji membawa udang galah....udang sungai,hmm...dan,pisau tajam 3 jenis:pisau gagang pendek,pisau yang berujung runcing,pisau lebar 10 cm bergagang besar?

Ia,bilang akan menservis teman-teman semua dengan keahliannya,memasak langsung didepan kami!
Akan hadir sekitar 15-25 orang,seminggu sebelumnya kami berteleponan,ia minta daftar tamu dan pisau lebar itu.Setelah kudesak,ia tetap tidak mengatakan yang sesungguhnya,tapi aku rasa ia mengharapkan kehadiran seseorang dan dendam padanya?

Aku membayangkan masakan apa yang akan dibuatnya,udang mentega...ayam kuluyuk,lapis daging.tumis sayuran,steak daging lada hitam...?kita lihat saja nanti...
Hari minggu pagi aku sudah bersiap dirumah sahabatku Tina,ruangan sudah rapi...meja pesanan kawanku sudah siap,ayam,daging sudah bersih diletak pada box es,aku tiru saja seperti di teve jika ada demo masak,hah...pisau ini,aku ngeri sekali melihatnya?aku tak pernah memasak memakai pisau besar.

Nah,ini dia 'chef kita datang duluan....Mika namanya.setelah cipika -cipiki...bergosip sebentar,iseng-iseng aku tanya setengah berbisik,ada apa sebenarnya dengannya?ia tak mau menjawab...lihat saja nanti katanya.
Mika dengan cekatan menyiapkan bahan dan bumbu dibantu satu asistennya,waaow..ia membawa udang galah ukuran sedang ada yang masih mentah dan ,ia bilang menjelang naik pesawat ia baru membeli udang itu,dibawanya sekitar 3kg.

Bumbu-bumbu:bawang merah,bawang putih,bawang bombay,jahe,daun jeruk,salam,kecap manis,asin kecap inggris,kecap ikan,saus tiram,saus cabe,saus tomat,cabe giling halus,merica bubuk,kaldu blok....
Masih ada,tadi ia mampir kepasar baru...membeli kerang,cumi..kepiting!waduh seru pasti nanti.
jam sembilan kawan-kawan satu persatu mulai datang,telepon berdering ada yang pamit tak bisa hadir,ada yang pamit datang agak terlambat.Ada..yulia,tuti,sri,anton...?,maria,bejo?,agusman?...panji?ada thomas dan kawannya aku lupa namanya....joko?mirsa,anisa,artiyah,made...titin,budi?,nehru,ganjar....sudah hadir 22orang.

Tanpa pidato formal,saling berkisah masa lalu...berhaha-hihi,tiba saatnya...mika.chef kita memberi sedikit kata sambutan,menawakan pada kami per lima atau tiga orang menu yang sama....semua antusias...sepakat kata,satu kelompok tiga orang....ada menu tom yam kilat,tumis udang karamel,udang mentega,steak daging,ayam kuluyuk....dan masakan yang aku tak tahu namanya.

Mika dengan cekatan memasak pesanan pertama tom yam sea food....bahan direbus sebentar ditumis dengan bumbu,tuangi air,didihkan.dengan tungku satunya lagi ia memasak...lapis daging sapi muda,bawang putih dan bombay tumis sebentar,beri telur kocok...merica,kecap dan air,masak sampai agak kering airnya.
Setelahnya,ayam yang sudah difillet sama asistennya,diberi bumbu campur-campur cepat,beri telur,taburi terigu dan maizena,lalu digoreng...ditambahi saus tomat asem manis.

Aku masih memperhatikan arah matanya,waktu thomas tadi tiba,mika menyambutnya dengan senang bahkan mencium pipi thomas.apakah thomas ..orangnya?
Kami semua ngeri cara ia memakai pisau itu,sangat tajam...crekk..creek..pregg...mika bilang,memasak itu seni.bahan dan sarananya harus baik...
Wah,pesanan udang yang paling laris,mika dengan senang hati...memasakkan...aku perhatikan,hampir semua cara memasaknya,tanpa dicicipi...!ia,bilang memasak harus dengan perasaan,kalau aku jika 'perasaanku malas masak...ya beli saja.

Alamak mak,nasinya hampir habis...semua sibuk minta ini itu....kami datang tanpa membawa keluarga,jadi terlihat norak,kalau direstoran pasti pada 'ja'im.barangkali.

Oh,kawan thomas menghampiri meja masak,berdiri didepan tungku kompor gas...aku masih berdiri disamping mika,kawan thomas...bilang.''bisa aku minta masakan bebek hijau?''....mika.memandang tajam sambil memegang pisau lebar itu...''well.kamu liat disini 'nga ada bebek...!'',jika ayam bumbu hijau aku buatkan kata mika...sedikit kesal,mika memotong bahan masakan.diminta asistennya membuat bumbu cabe hijau kasar...lalu dengan pisaunya,..''kamu,mau ayamnya dipotong-potong kecil-kecil begini...dipotong ayam itu dengan cepat,agak marah rupanya,aku dan kawan thomas...terbengong-bengong....digoreng dengan api besar,bumbu ditumis dengan minyak agak banyak,diberi kaldu blok...ayam dimasukkan,diaduk-aduk sebentar....secepatnya,mika memotong tipis mentimun,tomat...daun selada,disusun pada piring ceper...lalu ayam hijau dituang....cantik sekali perpaduan warna masakannya dengan hiasannya.

Tapii...tapiii.rasanya hanya pada kawan thomas ini sajian masakannya dihias segala,tadi pesanan kami langsung dituang-tuang saja dipiring??

Kudengar..mika berkata...berbisik...i miss you....suasana berisik ,aku yakin hanya aku yang dengar bisikan itu.Kulihat kawan thomas....mata mereka saling memandang dalam,tersirat rindu....dan,bilang...sedikit geram...''letakkan pisau itu.....'',sambil berlalu.Kata mika memandangku...kau tahu..??
(aku berjanji dalam hatiku,....sahabat..hanya aku yang tahu...keep promise for 'ur..)

Tidak ada komentar: