Selasa, 15 Desember 2009

JIKA AKU ISTRI WALIKOTA II

Pagi ini di ruang makan,ibu sdg menyiapkan sarapan kami,bpk membaca koran pagi,menu pagi ini:nasi putih,nasi goreng,ada semur tahu,ceplok telur saus padang,dadar telur(..wah tebal bgt..),ayam suwir bumbu pedas,ada..kopi, teh panas.
Ayo 'pa sarapan dulu..ibu menyendokkan nasi putih dan semur tahu ke piring bpk.Aku mengambil nasi goreng ,ayam suwir,Hadi jg ambil nasi goreng

Ibu memulai percakapannya..'pa itu pasar kotooor sekali,coba liat kalau pagi dpn bank,wong ada tanda larangan parkir.mlh dipakai jualan jd motor2 parkir disitu....macet,jd pindah jualan keatas jalan...kok kalah sama preman2 pasar,bisa atur2 pedagang.PASAR BISA JADI ''IKON KOTA''..liat Jogja ada beringharjo..BSD di Jakarta...bersih...buatlah
pasar tidak becek,rapi..bersih.
Bapak cm diam saja sambil makan(..hmm,itu jg ada dlm pikiranku ,buu..buu) ,ibu berkata lagi apa nga boleh tuh kepala pasar.dinas tata kota ambil cara sendiri untuk membereskan tata pasar?apa sih kerja mrk itu??liat pasar dkt tugu juang,,ditengah pasar masih kosong,kios2 bnyk kosong..bpk mendehem..mlh jualan di gang masuk,tidak tertib dibiarkan saja.Aku dan Hadi (kami membatin dlm hati..telebatin konferens)...***ibu wali ini cermat sekali perhatikan sekitar kita,mlh lebih cermat dari bpk..iya jwb Hadi,pernah ibu cerita ,masa' pejabat2 yg sdh studi banding keluar negeri tdk bs aplikasikan kota yg sdh diliatnya...liat Singapura,Perth...Malaysia.Kinibalu..Belanda...warganya bisa teratur,tertib..yyaaa..mrk lebih makmur tdk perlu jualan asongan,buka kios pinggir jalan.***

Bapak masih diam saja,sambil makan perlahan...ibu berkata lagi...ada mall,departement store,bisa kan tempatnya bersih...jd pasar harus bersih juga,pedagang dan penjual yaa harus nurut peraturan,kios sayuran.ikan basah,daging...bikin tempatnya lebih tinggi tdk ada genangan air,selokan hrs lancar..sampah tdk menumpuk,kios dagangan yg kering2 sembako,pisahkan lajurnya.buah2an,kios kelontong...pisahkan lajurnya jg.Wong supermarket sj bisa ini pasar sbg 'ikon kota ' kok susaaah.
Aku dan Hadi..msh telebatin...wah ibu ini..suka bgt kepasar.biarpun sibuk tetap masakan bpk sendiri lho...beliau selalu blg ,bpk yg walikota,ia cm istrinya jd hrs tetap berperan sbg istri dan ibu.

Aku,memberitau bpk sdh hampir jam 7.00...Hadi mengambil tas bpk,dan ...kata bpk..'bu,aku kekantor dulu,sarapannya enak sekali...hampir runtuh hatiku mendengar bpk memuji masakan ibu,memang enak sekali..(aku membatin)
Ibu tersenyum....menepiskan debu di baju bpk...semoga pekerjaan bpk hari ini menjadi kebaikan bagi warga,doa ibu kemudian...
Kami sdh masuk mobil,perjananan 15menit...(bpk,membatin dlm hati..seandainya istriku jd walikota,aku jd apa yaa..?)...Hadi membatin dlm hati(ahh,seandainya ibu jd walikota ,bpk cocoknya jd apa yaa?)....aku membatin dlm hati(uuppzz...kalau ibu jd walikota?aku dan Hadi tetap jadi ajudannya!)

Bapak...seandainya aku bukan 'walikota

Tidak ada komentar: