Jumat, 04 Desember 2009

SEPUR...KALI,PECEL KARO TEBU...

Masa kecilku,kulewati di berbagai daerah krn tugas bpkku pindah-pindah.Aku lahir di Surabaya tp besar di Temanggung....aku ingat hanya samar-samar,kotanya sepi,dingin...banyak pohon kelengkeng,kami tinggal dirmh tua dekat alun-alun,umurku saat itu 2-3th...lalu bpk pindah ke Pekalongan.
Di kota ini kami tinggal hampir 7th jd TK dan SD aku disini.TK masa kecilku dkt stasiun dpn THR.kawan yg msh kuingat LALA,ayahnya seorang dokter gigi.Aku sekolah di SD PANJANG WETAN 2,aku punya teman akrab namanya Rina dan mas Pri(Enrico priyonggo Tarigan).Kami menggontrak dirmh neneknya mas Pri,mbah Bei kakung seorang dalang,yg putri sinden,bpk ibunya mas Pri perwira di Mabes Polri di Jakarta,om Rig sm mami Ani aku panggilnya.
Rumah mbah Bei,kuno,,,seram,halamanny
a luas ada pohon mangga dan rambutan.Kami main pasar-pasaran,manten-mantenan di halaman jk siang bersama anak-anak kampung situ.Masa kecil yg indah dan penuh kenangan.
Ada dua peristiwa yg kuingat,krn bosan main pasaran,kami bikin kemah dr kain jarik mbah Bei lalu pasang lilin didlm kemah...eh,malah jd kebakaran,peristiwa satunya kami semua kena sakit cacar air,di isolasi nga boleh main,kl mandi pk rebusan sereh wangi.
Di rumah mbah Bei jg tinggal yu Semi' penjual pecel jualannya di 'sunggi di atas kepala,aku suka liat yu Semi mencuci sayur yg sdh direbus dg air dingin biar tetap hijau katanya.
Jika liburan aku dan adikku suka berlibur ke Blora atau Rejotangan,aku lbh suka k rejotangan tempatnya embah dr ibuku,desa kecil dkt Ngunut Tulungagung jatim.Rumah embah sangat besar,kuno,halamannya luaaaasss bgt,banyak pohon buah-buahan,dibelakangnya ada sungai kecil,didepan rumah jalan raya ke Blitar,diseberangnya jalan kereta api dan sungai Brantas.
Penanda jk kereta lewat ada palang tinggi,jk bergerak keatas sepur mau lewat dari jauh sdh terlihat.Kereta apinya masih yg lokomotifnya warna hitam,pk uap,gerbongnya dr kayu berjendela kaca dorong...masih jauh saja sdh terasa getarannya dan suaranya yg lantang nyaring...tut...tut...gojes..gojes...aku senang melihatnya,biasanya kereta mau lewat aku lari-lari melihatnya.Ajaib,seperti mainan tapi besar sekali.Aku dan sepupuku jk musim panen tebu,dari kebun tebu-tebu diangkut dg grobag besar dg atap joglo ditarik dua sapi besar,diam-diam biasanya kami menarik tebu dari grobag tanpa setau kusirnya,atau kami pergi ketempat pembuatan gula tebu yg masih tradisional,memeras tebu dg bantuan sapi yg memutar alat perasnya,lalu dimasak sampai merah lalu dicetak kecil.Kami suka minta sisa diwajannya,kering kayak gulali,kadang bawa singkong direbus disisa gula itu namanya 'kluwo,jk sdh matang taruh di daun pisang.
Liburan dulu lamaaaa bgt...jk hari panas mandi di kali,tp dipinggir sj aku nga bisa berenang,Didepan rmh embah ada pohon kaktus,tiap liburan kami menulis sesuatu...nama-nama,ejekan...tglan,lalu liburan yg akan dtg di baca lagi,tulisan sdh mengering pohon kaktus sdh tambah tinggi....tertawa-tawa melihat tulisan itu.
Disebelah tanah embah ada warung pecel yg jual namanya mbok'de Mar,pecelnya enak bgt...betul-betul pecel 'ndeso...aku suka liat dr awal mbok Mar membuat sambel pecelnya,cabe,kencur,bwg putih digoreng lalu ditumbuk dg kacang tanah sampai halus dg lumpang alu dr kayu....sayurannya yg ada disekitar rmhnya,ada kembang turi,kacang panjang,daun labu,bayem...pake peyek kacang,masaknya pun msh pk kayu bakar....rasanya nikmat bgt!
Kalau liburan ke Blora...nga terlalu suka,dulu waktu itu...susah air,kemarau terus,tanahnya retak-retak,kasian paklikku pd cari air untuk mandiku...tapi di Blora jg ada pecel yg enak,khas blora pk srundeng,oreg tempe,nyomok cabe ijo bungkus daun jati.Aku pny sodara namanya Djati jd suka diejek-ejek 'daun jati'..dia nga marah kok.
O ya,kwn masa kecilku di Pekalongan mas Pri sampai sekarang blm pernah ktemu,terakhir kabarnya dia ambil S2 di Australia.Tahun lalu aku ke Pekalongan,mbah Bei msh sehat ada mbk Mul,anak bungsu mbah.Rumahnya msh seperti dulu nga seram lagi,dulu perasaan rmhnya besar bgt,skrg kok kecil ya?
Dan mas Pri nga ada...apa kabarnya yaa..?om Rig sdh wafat,mami Ani di Jakarta
Sampai bertahun kemudian jk libur aku lbh suka k rejotangan,tambah umur tdk mandi di kali lagi tp nonton pasar mlm dan bioskop 'misbar' nek gerimis bubar....Apalagi aku sempat sekolah di SMP 1 TULUNGAGUNG,jd sering nengok embah kadang ngantar ambil pensiun ke kantor pos Ngunut.
Masa kecilku jg sebagian di Solo,aku sekolah di SD Mangkuyudan Laweyan kampung batik,bpk menggontrak rmh org arab...ada hantunya lho...ihh,seram,Didekat rmh ada pesantren,mbak-mbak pesantren suka jahitkan baju sm ibuku.Ada yg jual pecel 'brambang asem'....itu lho,,,daun ubi rambat rebus dimakan dg sambel brambang,asem,gula merah minumnya es dawet.
Aku dua th di Solo lalu bpk pindah ke Kuningan jawa barat...wah,stress hrs bisa bahasa sunda krn SD di jawa ada pelajaran basa daerah(jawa/sunda) aku les basa sunda sm ibu Iyah,kawanku banyak,sampai kls satu SMP,baru-baru ini lewat fesbuk aku bertemu teman-teman SD ku:Yulia,Lela,Lusi...Deni,Iwan.
Senangnya mereka msh ingat padaku....

Tidak ada komentar: