Senin, 18 Januari 2010

BERTEMU WILLIAM (CERPEN)

Namaku Suparjo,...pekerjaanku.....ah,nanti juga kalian tau.Aku asli Sleman,Jogjakarta...seturan-condong catur,..rumah simbahku dekat bandara Adi Sucipto,ada kali kecil di sebelah timurnya,rumah joglo sederhana berpohon mangga arum manis,ada pohon teh-tehan dipangkas rapi.

Setiap hari aku melihat pesawat terbang pulang dan pergi,take off dan landing kalo nga salah..istilahnya.Jika lelah bermain,aku dan teman-teman,jg sahabatku Aryo duduk di pinggir sisi pagar bandara memandangi pesawat take off jg landing.Kami berbaring di rerumputan jika pesawat di udara kami menangkupkan tangan kami berebutan menangkap pesawat itu,tertawa-tawa.

Putranya pak de Harso,pilot pesawat tempur ia perwira TNI AU,aku ingin memegang pesawat itu,memegangnya saja,jika menaikinya aku takut tak bisa turun...nanti simbah menangis mencariku,simbah sayang padaku selalu mendoakanku,kata simbah jika aku besar nanti kerja di Jakarta saja.

Setiap pagi,yang membuatku bersemangat mengejar cita-citaku,suatu saat aku bekerja di bagian pesawat itu.Makanya aku lebih suka tinggal sama simbahku,daripada sama ibu bapakku.
Saat ini aku bekerja sesuai cita-cita kecilku,gajiku sesuai 'umr,krn aku rajin dan sigap setiap bulan -+2jt lebih aku terima,aku msh bujang,22th..masih bisa menabung.

Hanya dg gaji sebesar itu,tiap 3hr sekali aku berlibur...bertamasya,menjelajahi bebagai daerah di Indonesia.Aku pernah ke Papua..melihat dan..snorkling di kep.RAJA AMPAT !...hhiii...menyelam...kawan,liburan mendebarkan.Aku sdh ke Ujung pandang mencoba asli cotto Makassar ditempat asalnya,makan pisang bakar dipinggir pantai Losari sore hari,esoknya aku pulang ke Jakarta.
3hr kemudian aku sdh ada di Manado,diajak kawanku panen cengkeh..tapi kata kawanku cengkeh mereka sdh tidak seperti dulu 30th yg lalu.
Aha..3rhnya lagi aku sdh d Padang.aku mau melamun saja di pantainya.
Wwuuuiii..minggu ini sdh kurencanakan akan ke Medan dan Aceh,aku diajak kawanku panen kopi di kab.Sidikalang tempat 'Amaknya..agak jauh sih dari Medan,di Aceh aku mau lihat masjid BAITUR RAHMAN.yg tetap kokoh diterjang tsunami.

Tapi aku paling suka berlibur ke Solo.Jogja,Surabaya,Bandung..selain murah rasanya lebih familiar,aku ingin liburan keluar negeri,tp jadwal pekerjaanku padat,belum memungkinkan waktuku.
Minggu depan sdh kurancang aku akan ke BALI !!aku akan seminggu disana,tp kuhitung-hitung blm cukup uangku,mudah-mudahan dpt potongan tiket murah krn menjelang liburan...aku sdh cari-cari hotel murah,aku mau liat pantai Kuta,ke pasar Saraswati..ke Pura di Tanah Lot...ke Trunyan desa mistis itu...apa cukup uangku..?

Jo..Parjooo...ayo minum kopi dulu.istirahat kita nga lama,kata Aryo.Ya...ya,aku setengah berlari ikuti Aryo yg sudah duluan ke gerai kopi di terminal B ,Bandara SOEKARNO HATTA,duduk disebelah gerai ada kursi kosong.Lu...minum kopi apa?tanya Aryo...aku lihat-lihat daftar kopinya,kujawab...aalah,dab...sing originel koffe wae deh...takut aku coba kopi dg rasa macam-macam aneh tsb,harganya mahal...kopi asli 'blended,air rebusan dg air mineral dg pemanas air voltase tinggi,made in germany.

Wah,nikmatnya kopi ini apalagi ditraktir sahabatku.10rb satu 'cup...mahal untukku,dua kali harga sarapan pagiku.
Bukankah aku hrs berhemat agar dpt liburan ke berbagai daerah?

Maaz...bisa minta tolong...suara gadis manis,ah...bajunya seksi..tersipu akuuu..melihatnya,belahan dadanya rendah.Kutanya gadis ini mau liburan kemana?....dia bilang mau ke Bali..dg cepat kujawab..minggu depan aku ke Bali jg.Dia..melotot..!cepat,bersihkan tumpahan kopiku ini..ia sibuk membersihkan rok mini nya yg ketumpahan kopi.Aku mau duduk ,sini!nadanya galak,memerintahku.
Iya..mbak...sebentar saya bersihkan..kuambil lap pel bertangkaiku,sigap kupel lantai dg sedikit percikan air,lalu kupel dg pel satunya lagi...sdh terlihat bersih lantainya.Ribuan meter kupel setiap pagi dari jam 7-2siang,shif pagiku,tak sempat menghitung petak kotak lantainya.

Termenung,kumemandangi gadis itu,ia liburan sendirian..tiap hari,tiap jam,ratusan orang..bahkan ribuan silih datang berganti di bandaraku ini.Penampilan mrk,keren,wangi..sangat gaya,cantik,tampan...fashionable',membawa tas-tas penuh pakaian liburan mereka.Mondar-mandir,sambil bertelepon dg HP canggih mrk,ada yg sibuk dg 'laptopnya,mengirimkan e-mail kepada sahabatnya,barangkali...

Aku berdiri,diputar-putari orang berduit,mondar- mandir,tertawa lebar.tersenyum...sangat wangi.
Cerita-cerita liburan seru dan mendebarkan,setiap jam aku dengarkan dari mulut orang-orang itu!Setiap 3hr berganti cerita liburan yg lain,aku dengar dg cermat saat membersihkan lantai di antara sela-sela kaki mrk berdiri.Kadang mrk sinis,kadang tersenyum manis.
Aku harus tetap ramah dg pekerjaanku cleaning service bandara ini.

Setiap pagi,kusetrika licin seragamku,setelah sarapan pagi dg nasi uduk dan kopi seharga RP.5000,aku berangkat dr kosku ke bandara,milikku.
Ssstt..ssstt...mereka tak tau,beberapa kali aku ke apron belakang,mencuri kesempatan......kupeluk erat-erat pesawat BOEING 737.kugenggam erat sayapnya,kuusap hidungnya..kuhitung berapa banyak jendelanya,aku berpikir ,akan duduk dimana nanti?..ah,akan kupilih dekat jendela saja,kutarik ekornya ,tertawa tergelak.Kubisikkan,aku berharap pergi dgnya.Aku selalu kedipkan sebelah mataku,sbg sapaan pagi pd pesawat masa kecilku,mrk melambaikan sayapnya.

Aku sdh janji padanya,..juga pd William..yyaa.William,Pangeran William!!aku janji menghadiri pernikahannya dg Kate Middleton th 2012 nanti,rumornya,ia akan gantikan Ratu Elizabeth menjadi raja Inggris,ayahnya Pangeran Charles telah menyerahkan tahta padanya,Charles lebih memilih cinta Camilla-nya drpd tahtanya.Aku akan datang pd acara 'spektakuler itu....Kalian tak bisa ,bukan??

Barusan aku lihat mereka di tv,sdg mengahadiri upacara perkawinan Captain Nicholas van C utsem dg Alice Haddon Patton di Quards Chapel.Kate,terlihat cantik.
Ahh,kalian nga percaya kan aku dpt surat dari William??(basa inggrisku nga lancar,ai ken't spik ingglis gut well...tapi kali litel-litel sihhh ai ken....)
lihat ini....look my letter...
London.09 Des' 2009

Dear Parjo,
we will hope,you can came to my kingdom,go to england,
i have something specialy for you..the snow..looking the raining snow....,
.....,.....

sincerely,
your friend:PRINCE WILLIAM

Aku akan berlibur ke Inggris Raya!!mungkin mampir ke Paris lalu Eropa.....oh,William,Kate...yur mai bes fren..ai luv yu...wet fo miii...

JOOO,Parjoooo......ya,bos'(yes,Mr.William..what can i do,for you??)

(salju,menerpa..jendela-jendela istana,butiran hujan menerpa jendela pesawatku)

Tidak ada komentar: