Minggu, 15 November 2009

DENDENG BATOKOK(KISAH BENERAN)

Di desa Siulak gedang kab.Kerinci terkenal dg masakkan dendeng sapi yg disebut dendeng batokok(batokok=dipukul,di
pipihkn).Tapi d bawah pom bensin kota Sungai Penuh ada warung makan enak sekali dg menu dendeng batokok,masakkan rumahan...beras payau,sambal kentang...gulainya,enak semua.Sayang Uni yg jual tdk pernah senyum,cemberut sj...orangnya gemuk,rambutnya ikal...sama sekali tak pernah senyum.
Aku sering mkn disini jk ikut suami turun ke kabupaten ada rapat atau bersama teman2 dokter PTT gantian nraktir.Karena penasaran,aku beranikan diri dg ramah kutanyakan resepnya kpd uni yg sll cemberut itu...wong jualan sj cemberut apalagi ditanya resep??
Alhasil,tidaklah ia memberikan resepnya,jawabnya,"makan be...tak usah tanya2",pdhal kan cm tanya nga akan aku buka warung mkn...lha aku orang jawa,disini cm ikut suami tugas(bersunggut-sunggut dlm hati)
Tapi Allah maha mendengar,sewaktu menunggu suami rapat di dinas kesehatan tk.II..2or ibu menyapaku,setelah berbasa-basi,aku lanjutkan baca tabloid,kedua ibu itu duduk di belakangku sambil...."jadi Ni(uni) macem mano caro buat dendeng batokok tu..?"Deg...kudengarkn dg cermat."Mak..kini ko,kau pilih dr daging haas dalam,suruh be tukang daging potong dendeng(potong tipis sesuai serat),sediakan asam jeruk kupas kulitnya jgn sampai kulit arinya ilang,kerat2...sediakn air klapo sambil olesi daging dg jeruk,remas2 sampai daging berubah warna jd cerah,bumbunyo ko...10btr bwg merah,8btr bwg putih,ketumbar,jintan dikit be,garam haluskan,rebus daging dg bumbu pk daun salam,tunggu agak kental...kasihlah dikit minyak goreng...sdh itu bakar dg baro arang sampai coklat dan matang...ooowow,lanjutnya.Nah,iko resep satu lg...daging haas....dst,dst..ehmmmm senangnya menyimak resep tsb.Mungkin mrk malaikat yg diutus Allah memberi resep utkku.akhirnya aku praktekkan dg drg.Irene Siahaan resep dendeng itu.Hoorrreeee..aku bs buat Dendeng Batokok

Tidak ada komentar: