Minggu, 15 November 2009

Dokter muda itu....

(Mengenang persahabatan singkat,dr.Fadil Rulian dan dr.Deni Widarma)

Sore itu kami berangkat ke praktek di Pal X Kenali asam atas,jam 4 sore,krn hrs menghantar pesanan makanan ke komplek Pamen dkt bandara di sebelah RS Asia Medika kami meluncur kesana,sambil bercerita aku dan aa mendengarkn radio di ambulan..aa blg aku ada uang(uang hewes-hewes..)Rp.187.000,tp mau aku sedekahkan jk bertemu seseorang di jalan.

Pas..di dpn RS Asia Medika krn mau berbelok ke kanan ambulan berhenti menunggu lintasan dr arah bandara,tiba-tiba...brrraagg...suara keras menabrak ambulan kami dan...tiiuuung bbrregg...sesosok tubuh melayang melewati jendela sblh kanan jatuh di dpn ambulan...rupanya pengendara motor stlh menabrak terlempar ke dpn.

Lukanya parah..tdk sadarkn diri...aa sangat pucat lgsg stress...krn tepat di dpn rumah sakit,kami bawa korban ke ugd,dokter jaganya sdh kenal aa mrk pernah ktemu di rsu rd.mattaher waktu mengurusi pasien hiv-aids,namanya dr.Fadil Rulian ,kebetulan nama korban Fadil Tanjung.

Kutelpon staf puskesmas dan dr.Pengkuh krn aa pucat pasi,stress krn tabrakkan itu pdhl posisi mobil benar.Ambulan segede itu,warnanya putih..hari msh terang kok ditabrak.Setelah korban sadar,kami telpon orang tuanya,mrk meminta memindahkan anakknya ke RS DKT,diantar dr.Pengkuh dan staf kami pindahkan korban ke DKT,untung mrk tdk marah(bs tambah stress si aa..)mrk tdk menuntut biaya...dan biaya ugd di Asia Medika kami yg byr sebesar Rp.187.000!

Aku sengaja jalan2 dg motorku,tdk sengaja melewati jl.PEMANCAR-Telanai Pura...ahh,kulihat ada praktek dokter ramai sekali pasiennya(dlm hati aku membatin,jk disuruh gantikan praktek/jaga aku mau.Aku baru sj tugas di Jambi,asalku dari Medan.Baru kutau kmd klinik itu milik dr.Deni Widarma,aku bertugas di RSU RD.Mattaher,namaku dr.Fadil Rulian.

Aku sempat kenal mas Deni waktu mengurus pasien hiv-aids,kami berbincang cukup lama.Lama tdk kontak...Ya Allah...tgl 22 mei 2006,kudengar kabar mas Deni meninggal!!aku tdk tau..tdk dtg ke pemakamannya,tp aku dtg pd tahlilan 7hrnya...ku bawa teman2 RSU kukenalkan pd istri almarhum,mbk Naning.

Kira-kira sebulan kmd atas rekomendasi dr.Rini Kartika aku menggantikan prakteknya di Pal X,sebulan berjalan mbk Naning memintaku utk praktek di PEMANCAR -TELANAIPURA!!!tempat praktek mas Deni yg pernah kubatin dlm hati...aku terharu.

Yg lebih mengharukan lagi....sebenarnya pd tgl.17 mei 2006 mas Deni menerima hadiah sbg TKHI(dokter haji) tetapi tgl.21 mei 2006 mas wafat...tetapi kami semua yg menggantikan prakteknya:aku,dr.Fadil..dr.Rini Kartika,dr.Lailan Gusti,dr.Andi Nurruzaman,dr.Ade Tan Reza naik haji sbg dokter TKHI...(Allah akan menolong hamba2nya sesama muslim yg saling tolong-menolong,dan orang2 yg sabar)

(catatan dina & arya:bpk sll berpesan jk selesai shalat doakan teman2 bpk yg telah menolong kita,sebutkan nama mrk satu-persatu)....untuk om Fadil Rulian.

Saat ini dr.Fadil R dan istrinya dr.Diva,sdg mengambil SPESIALISASI ANAK & NEUROLOG DI UNAIR SURABAYA.

Tidak ada komentar: