Selasa, 17 November 2009

JIKA AKU ISTRI WALIKOTA

Siapa sih yg paling tau sudut kotanya?..aku..?kawanku..?
atau polisi..?,penguasa kota/walikota?...eh,kayaknya ...abang tukang ojeg aja kali yaa...kan dia harus hapal jalan-jalan seluruh kota,jadi kl ada yg 'nyegat...bang,antar ke jalan ini..tau ya bang?...okkehhh..(tau dong nyah..)
Aduuuh Jambi...pdhal kotanya kecil.yg bersih cuma lingkungan kantor gubernur sm thehok,sepanjang simp.pulai sd sipin,apalagi teminal angkot rawasari..anso duo..semrawut kotor..banyak PKL,tdk tertata...kios2 rokok,kios voucher,kios bensin eceran,tambal ban...nasi gemuk!kl diusir kasian,dibiarkan saja tambah banyak,harusnya dr mula jangan boleh dong...bikin kios dipinggir jalan...solusinya?...nanti deh kl aku jadi istri walikota...(kupikir dulu).
Soal PKL ini sepanjang jalan Karya dekat unja arah smp 7..sebelah kiri para PKL nempel di tembok kantor kehutanan dan sekitarnya,dulu 7th yl...warung/kios mereka tipe 21...sekarang ada yg 'tipe 36,45,52.Ada satu kios koran waktu renovasi kugodain...waduh kak,jd tipe 36 yaa...mrk tertawa,jawabnya ..biar agak lebih rapi sj.
Tadinya cuma untuk jualan rokok,lama-lama mrk ''berumah disitu...ada ruang tv,kamar tidur,dapur...bahkan ada satu kios komplit dg ruang,komputer!
Kalau malam jadi warung makan kaki lima,segala macam ada:nasi goreng,mie goreng+mie rebus,gorengan,sate,bakso,nasi padang...es klapa muda.Paginya,alamak jaaang...sdh kecapekan cr uang mlm..super berantakan...cucian piring numpuk...ember2 plastik jelek di trotoar,cuek sj mrk....kayanya ada pipa pam bocor tuh lha pd nyuci,mandi dipojokan?
(Jadi kapan nih buu...jd istri walikotanya?..tunggulah pilkada,ini mslh kota dl)...sekarang mslh kenakalan remaja...remaja di jambi ini..di bilang tidak ada fasilitas utk pelajar,mahasiawa,remaja...GOS,GOR..lapangan bola,lap.basket...banyak!luas arenanya...tapi kok mrk ada masalah jg yaa?...nga smua negatif kok...cuumaa,tapi didpn taman remaja kota baru...banyak angkot parkir di rumputnya...sst...sst,isinya...supir angkot pacaran sm anak smp,sma..di kursi belakang kernetnya jg pacaran sambil minum minuman keras...
Kalau mlm minggu didpn kantor gubernur pd kebut-kebutan,pdhal kantor polisi cm +-200m,tapi nga pa-pa kok..kl celaka RSU jg dekat!Polisipun sdh bosan razia kali...kata teman anakku yg suka balapan itu bukan yg punya motor,tp mrk bayaran unt saingan dg yg lain...gayanya kl di jln raya ..oo,setengah mati,tapi kl celaka msk ugd,kt kwn dokter...teriak2 nga keruan bikin sebel org ugd.
Pemda harusnya lbh arif,sediakan arena unt trek2an suruh mereka kelola profesional,gratis...ada bengkel pasti mrk antusias.Lalu mslh corat-coret tembok( apa tuh...mural sm grafiti yaa..)mrk kreatif,pinter gambar,desain...drpd coretan tdk karuan biarkan sj mrk membuat gambar tsb,fasilitasasi suruh aja gambari tembok2 itu dg tema yg sesuai dn lingkungan dg syarat tdk mengandung sara,menghina...ejekan..seperti ditembok kantor BI,sebentar2 dicoret2,sebentar2 di 'cat sm BI-nya,kl menurutku suruh aja mrk bikin gambar yg cantik sesuaikan dg sekitar,ada tuh gambar mrk lucu2 dkt butik al hidayah sei kambang di tembok kuburan.
Nah,ini mslh pelajar yg kabur,keluyuran pd jam pelajaran...ketangkap...kasih hukumannya ''KERJA SOSIAL''..misalnya:bersihkan sampah bareng petugas kebersihan(biar tau rasanya pekerjaan org lain!),
rapikan tanaman hias yg dipinggir jalan,nyapu jalanan kl perlu...bantu memberi makan dipanti jompo,panti asuhan,panti anak cacat...DIJAMIN MEREKA KAPOK!...mrk akan berpikir 2x jk bolos dr sekolahan.plg tidak mrk harus bersyukur...mrk normal,sehat...bisa sekolah,kl cuma dihukum jalan jongkok sm polisi ato satpol PP ato dipanggil org tuanya...malah mrk merasa geli,tertantang untuk melakukannya lagi.
Ada satu lagi...sekarang menjamur usaha warnet+PS,masyaa...jam 7 pagi udah pd ngantri didepan warnet(kok tau sih buu...ya iyalah..dr jendela dapurku keliatan kok...)bukannya ke sekolah dulu,absen.Jam 7-9/10 pagi ada 6org-10org...kadang ada remaja putrinya ...pacaran di warnet(hayooo...anak sapa tuh..)mrk satu sekolah,yg membuat heran kemana tuh pak guru dan bu guru...muridnya ilang segitu banyak kok nga dicari..??kl orang tuanya tdk tau,mau nyalahin yg pnya warnet...mrk cm cari uang jg...harusnya sama2 bijaksana.
Nah,kl ini cucoknya jenis hukumannya di sekolahan aja...:bersihkan ruang guru,ngepel ruang kpl sekolah,ngelap kaca....bersihkan sampah.bersihkan wc...dijamin kapok dan sekolahan terlihat bersih selalu.
Mudah2an ada org diknas dan guru yg baca....kl anakku di asrama jd nga ada mslhlah..
Ini jg jd perhatian ...PKK,singkatannya aja aku nga tau,udah berubah nga sm dl,katanya PKK ditujukan untuk wanita...tapi kl lomba2 yg ikut istri2 pns dilingkungan kantor tsb.Jika dpt berperan untuk masyarakat pastinya tidak ada tkw,prostitusi...remaja putri yg tdk pny ketrampilan krn tdk bs sekolah,anak2 terlantar di angso duo msh kecil jualan bahan sisa.
PKK mlh jd ajang tampilan ibu2 pejabat yg setor muka kpd 'bu bos...,jalan2 ke berbagai daerah bahkan keluar negeri dg alasan studi banding dan pameran,kl pameran sih bisa aja...nah,studi banding ini,memangnya di Thailand ada pkk..buuu.
Aku ingat waktu ikut tgs PTT suami di desa kecil di Kerinci,karena biasa hidup di kota besar,aku sdh berpikir mau apa nanti disana,aku bawa 2 mesin jait,1mesin obras,kain kiloan dr tnh abang 30kg...cetakan kue,oven,bahan2 kue!buat apa?wah,diotakku sdh banyak rncana...hmmm..mmm
Duh ternyata di desa itu tdk tersentuh pkk,cuma ada plangnya dikantor camat,ada kegiatan jk ada lomba dan arisan pkk,kyknya ''abis=asal bpk ibu senang.Yg ini sempat membuat aku bersitegang sm bu camat(tp udah baikkan kok...)drpd aku bengong,'bete..aku kumpulkan ibu2 dan remaja putri sekitar puskesmas....aku 'road show(..gayane...)ke desa2 jk ikut penyuluhan dg bidan desa.Aku buat kursus GRATIS menjahit dan membuat kue,semua bahan dan fasilitas aku sediakan,belakangan aku disumbang mesin jait sm om Husni,dg bahan kain kiloan aku ajarkan mrk membuat tempat tisu,tas,tutup kulkas...smua dr perca,kukasih 'pr minggu dpn dibawa,kursus jait 3x seminggu,bikin kue 3x seminggu,muridnya...?banyak bgt...2 desa!...wah,ada yg membuatku terharu,aku diundang salah seorang muridku untuk kerumahnya,,apa yg terjadi...?..ha..ha..ha...saking rajinnya semua yg bisa ditutupi dia buatkan tutup dari perca...so sweet...
Nah,soal membuat kue...walaupun tinggal didusun terpencil aku nga tanggung2 ajarkan bikin kuenya dg bahan yg ada di warung atau 'balai....tapi penampilan kue hotel bintang lima...ada:sus bebek isi ragout ato vla,bolu lapis agar,black forest,dunkin dounuts,tart,puding,kue kering,menghias nasi kuning.jajan pasar...bahkan kuajari etiket makan /table manner..melipat serbet!
Tapiiii...ooo,sekian lama berjalan aku ditegur bu camat,beliau blg kok aku bikin kursus tanpa melalui dan atas nama pkk??...lho,mana aku trima,mesin dan bahan aku sediakan gratis...nah,di kantor camat bnyk mesin jait kenapa nga dipakai kursus gratis,beliau blg pkk itu untuk wanita didesa harus menyeluruh,aku jawab aja,kl unt wanita desa mengapa anggota pkk cm 26org?itupun istri2 pegawai kelurahan dan kecamatan.Memaksa kursus itu harus dihentikan...ya aku nga maulah...aku ihklas ngajar ibu2 itu....itu dulu..habis itu baikkan kok.
Jadi apa sih PKK itu?...singkatannya aja aku lupa(eh,buuu...gmana mau jd istri walikota..buuu?)
Walikota itu harus 'smart,kreatif,banyak ide sering2 liat ke jalan,liat masyarakat..bisa kok dari pertama semua peraturan ditegakkan (PKL,gelandangan,pengemis,masalah remaja)
Jadi yg harus kreatif dan banyak ide tuh siapa?...walikota atau kepala satpol PP atau siapa?
Kayaknya ;teuteup jeung...yg harus byk ide itu ...yaaa,ibu walikota-lah,karena dibalik pria sukses,ada wanita hebat dibelakangnya!....
Makaaa...jambi ini perlu 'ibu walikota atau istri walikota?
Yyyaaaa...jadi 'pilihlah aku!.....

(sik...sik,walikotanya sapa?kl aku jd istrinya???,,,he..he..he...

Tidak ada komentar: